Pilih dipilih.. Pilih Peminatan FKM

Di akhir semester 4 ini mahasiswa FKM Unand dihadapkan kepada pilihan yang cukup sulit yang akan menentukan arah karirnya ke depan. Mulai semester 5 mereka menjalani kuliah peminatan setelah sebelumnya selalu bersama-sama dengan teman satu angkatan selama 4 semester.

Sebetulnya pola peminatan di FKM tidak sama dengan penjurusan seperti yang ada di Fakultas Teknik atau MIPA. Sama halnya ilmu kesehatan masyarakat itu sendiri yang yang merupakan multi disiplin dengan tujuan akhirnya mewujudkan masyarakat yang sehat fisik, psikis maupun sosial. Peminatan di FKM lebih kepada penguatan keahlian mahasiswa pada salah satu bidang yang diminatinya.

Di FKM Unand disediakan 5 peminatan:

1. Administrasi dan Kebijakan Kesehatan (AKK)
2. Epidemiologi
3. Gizi
4. Kesehatan Reproduksi, dan
5. Keselamatan dan Kesehatan Kerja dan Kesehatan Lingkungan (K3 Kesling)

Perkuliahan peminatan itu sendiri sebanyak 26-28 SKS dari 150 SKS yang harus diselesaikan oleh mahasiswa untuk memperoleh gelar Sarjana Kesehatan Masyarakat (SKM). Artinya hanya sekitar 20% dari perkuliahan di FKM Unand, makanya seorang sarjana kesehatan masyarakat meskipun berasal dari peminatan berbeda mereka telah memiliki kompetensi wajib yang harus dimiliki oleh seorang sarjana kesehatan masyarakat.

Di Indonesia sendiri belum ada aturan baku mengenai peminatan dalam kurikulum pendidikan sarjana kesehaan masyarakat. Masing-masing institusi pendidikan punya pola sendiri, bahkan mulai ada pemikiran untuk pendidikan profesi kesehatan masyarakat yang mesti ditempuh oleh lulusan S-1 kesehatan masyarakat. Sama halnya dengan profesi dokter, dokter gigi, apoteker, dan juga perawat (ners).

Nah, dari kecenderungan di atas, bisa sedikit disimpulkan bahwa peminatan di FKM merupakan dasar berpijak bagi mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan di tingkatan pasca sarjana atau spesialisasi profesi kesehatan masyarakat bagi pengembangan karirnya nanti.

Mudah-mudahan bisa memberi sedikit pencerahan..

Tentang Aria Gusti

Hi, I am =arya= a lecture at School of Public Health, Andalas University, Padang, West Sumatera.
Tulisan ini dipublikasikan di Umum. Tandai permalink.

26 Balasan ke Pilih dipilih.. Pilih Peminatan FKM

  1. Ade somantri berkata:

    assalammualaikum pak…….pak jurusan yang prospek kedepannya atau yang paling banyak dicari saat ini yang mana pak…? terima ksaih..

    • ariagusti berkata:

      Waalaikum salam..
      Kalau menurut saya sih semuanya bagus, semuanya punya plus minus. Kita selama ini sering salah memberi justifikasi pada profesionalitas. Sama halnya dengan cita-cita sebagian besar anak Indonesia yang mengarah kepada satu atau dua profesi saja. Hal yang berbeda ketika pertanyaan yang sama diajukan kepada anak-anak dari negara yang relatif lebih maju dari kita, jawabannya akan lebih bervariasi.
      Dan kenyataannya, apa pun bidang profesi yang kita pilih kesuksesan akan berbanding lurus dengan totalitas kita dalam prosesi tersebut. Bisa kita contohkan, banyak menteri, pejabat ataupun politisi yang berasal dari jurusan yang sebelumnya dianggap kelas bawah dan bukan dari perguruan tinggi pavorit. Pengusaha sukses kebanyakan tidak menamatkan pendidikan formalnya. Kalau di perguruan tinggi pimpinan maupun guru besarnya didominasi oleh bidang ilmu di luar bidang ilmu yang menjadi mimpi seluruh anak Indonesia.
      Nah, kuncinya adalah tanya hati kita, dari 4 semester yang sudah ditempuh bisa menuntun kita untuk menemukan minat dan bakat kita. Apakah kita lebih menyukai manajemen kesehatan, ilmu-ilmu gizi, biostatistik dan epidemiologi, keselamatan dan kesehatan kerja dan lingkungan, atau kesehatan reproduksi. Semua punya prospek, kalau tidak dicari kita yang menunjukkan “siapa kita”.
      Tambah bingung ya ade?.. Lebih bagus ‘bingung’ menuju ‘ketetapan hati’ daripada langsung memutuskan, karena salah pilih bisa berdampak pada lama studi dan kepuasan batin dalam melaksanakan tugas nantinya.
      Thx., good luck!

  2. Agi berkata:

    Assalamualaikum pak,,,lulusan dari fkm itu kesempatan kerjanya dmana saja pak?trus,kalau mau jadi kepala puskesmas,gmana caranya pak?sekian,terima kasih.

    • ariagusti berkata:

      Waalaikumsalam,.. banyak lapangan kerja untuk lulusan FKM. Antara lain di pemerintahan, swasta, perusahaan, LSM, dlsb. Di FKM ada jurusan-jurusan (lihat artikel)

      Kalau untuk jadi kepala puskesmas tentunya mengikuti sistem karir di PNS dan kebijakan pemerintah setempat. Banyak kok SKM yang jadi kepala puskesmas, bahkan ada yang jadi kepala Dinas Kesehatan maupun Direktur Rumah Sakit.

  3. defri Afranto berkata:

    assalamualaikum…
    saya Defri Afrianto sdang menempuh s1 KesMas di UIN syahid Jakarta. saya termasuk orang yang lagi bingung ni pak, semester depan ada pemilihan peminatan. saya sudah minta nasehat ortu, tmen, termasuk pd diri saya sendiri.
    banyak yang kasih sran klo saya hrus tau kemampuan saya itu cendrung di peminatan mana. lha saya sendri sja blum faham betul deskripsi dan arah dari masing2 peminatan.
    saya sudah cari informasi tentang masalah tsb di google ataupun dibuku tp masih blum terlalu paham.
    sekiranya bapak bisa mmberikan informasi tentang arah masing-masing peminatan. mencakup profesinya, bisa diaplikasikan dibagian mana saja (misal, drumah sakit dibagian apanya.. klo dilapangan yang lain apa saja), trus peminatan apa yang pling/sering dibutuhkan, temasuk peluang kerjanya untuk kedepan.
    mohon doanya juga ya pak mudah2an saya bsa jadi orang yang berguna bagi sesama khususny bagi ortu saya..
    trimakasih….

  4. zay berkata:

    apa perbedaan kesehatan masyarakat dengan pend.dokter dan ilmu keperawatan…?

  5. ica berkata:

    ass,,….
    aku mau nanya dong pak klo peminatan manajemen puskesmas itu mta kul nya trdiri dri apa aza y?
    peluangnya akan kmn nih?
    k manajemen puskes nya atau RS apa bs k mn aza?
    aku mnta penjelasannya dgn detail y pak.
    maaf dan mksh bnyak y pak.
    wass…

  6. ica berkata:

    ass…
    ooo y pak aku ada yg lp nih
    klo AKK itu peluang besar mayoritasnya kmn aza cie?
    trs lahan nantinya bakal kmn aza pak?
    maaf and mksh bnyak y pak/
    wass….

  7. syukrani berkata:

    PSIKM udah jadi FKM ya pak?

  8. Dewi Yurika Sari berkata:

    Ass..pak saya masih bingung dengan pemilihan peminatan tersebut, peminatan K3-Kesling mata deskripsi mata kuliahnya nanti seperti apa ya pak? Lebih kearah K3 atau Keslingnya dan bagaimana prospek kerja kedepannya..mkasih pak

  9. Novia Wirna Putri berkata:

    Thanks atas infonya bpk…sangat membantu…

  10. emy rahmawati berkata:

    ass bpk,sy mahasiswa kesehatan masyarakat di UNNES. Sekarang sy lg dihadapkan dengan peminatan. Saya bingung antara kesehatan dan keselamatan kerja dengan epidemiologi, kalau boleh tau prospek kerjanya bagus mn dan kalau seorang epidemiolog bisa kerja di badan pengobatan distasiun atau tempat umum lain tidak?wass dan terimakasih.

  11. fitri afrianti berkata:

    ass..pak…
    saya mw nanya pak gimana kalau kita punya minat ke salah satu peminatan tetapi di fakultas tersebut peminatan yang diinginkan tidak ada…jadi harus bagaimana pak untuk mengambil keputusan peminatan yang akan dipilih???
    terima kasih sebelumnya..

    • Aria Gusti berkata:

      wss.. fitri
      Kalau kasusnya seperti itu, ya mau tak mau fitri harus memilih peminatan yang berdekatan dengan keinginan fitri. Bisa dilihat dari mata kuliah yang ditawarkan, seperti mungkin biostatistik dengan epidemiologi, kesling dengan K3.

  12. wahyu gito putro berkata:

    assalamualaikum wr wb
    pak nama saya wahyu gito putro saya masih bingung prospek kerja jurusan kesehatan masyarakat karena saya baru saja di terima PMDK jurusan itu di UIN syarif hidayatullah, bisa tolong jelaskan ??

    • Aria Gusti berkata:

      w.slm gito
      Prospek kerja lulusan FKM sangat banyak sekali, coba saja digoogling. Untuk di luar negeri coba kata kuncinya “job for public health” atau lainnya.

  13. octaverina berkata:

    Ass…
    Pak, Nama Saya ririn, Dari STIKes HANGTUAH PEKANBARU (RIAU).
    jurusan SKM.
    Saya mau Tanya pak,, Peminatan yg peluang kerjanya dibutuhkan utk thun 2013 apa ya pak… ada 7 peminatan pak.
    1. Manajemen Rumah sakit
    2. Kesehatan Lingkungan
    3. Epidemiologi lapangan
    4. AKK
    5. Gizi
    6. Promkes
    7. Kesehatan Keselamatan Kerja
    Bingung Pak mana Yg harus di pilih,, suka berubah2 pak di minati, awal masuk stikes pengen nya manajemen rmh skt, stelah smstr 3 pgen epid, abis itu kesling, Lah sekarang mau smster 5 Pengen Manajemen pak, Jadi saya minta saran dari bapak y …
    Trimakasih sebelum nya pak…
    Wassalam…

  14. dian shafa yuvita berkata:

    assalamualaikum wr wb…
    pak aria gusti,saya seorang bidan tamatan d3 kebidanan.sekarang bekerja dirsud.saat ini saya sedang bingung dengan pemilihan fakultas s1 kebidanan atau skm jurusan kesling.harapan kedepan saya bisa bekerja diluar dari rsud.karena saya sudah tidak ingin dipelayanan lagi.menurut bapak prospek yang lebih bagus diantara 2 fakultas itu mana ya pak?trimakasih atas jawabannya.

  15. nana berkata:

    Asskum pak…..
    saya masih bingung, sebentar lagi adalah peminatan.
    ada 2 pilihan yang menurut saya membingungkan, antara AKK dan EPIDEMIOLOGI
    mohon pencerahan pak……prospeknya lebih bagus mana dan kelebihan serta kekurangan 2 peminatan tsb apa……….
    makasih.

  16. yosi berkata:

    ass,,mau tanya pak,,,,pendaftaran ekstensi unand untuk lulusan d3 udah buka belum pak???truz persyaratannya apa pak????

  17. yosi berkata:

    o ya,,,,saya kan baru mu sidang bulan juli ini,,kan blum ada ijazahnya,,,gmna cara daftarnya pak???makasi ya pak,,.mohon bantuannya

  18. Nilna R.Isna berkata:

    Pak, membaca tulisan ini, ternyata Bapak sudah menulis FKM UNAND sejak tahun 2010. :) Sekarang PSIKM benar-benar sudah jadi FKM, Pak. Bapak kapan ke kampus Pak? Oh ya pak, nilna masih “seliweran” di kampus. Hehe.

  19. Eka Rahmawati berkata:

    assalamualaikum bapak ari
    saya mahasiswa FKM UNDIP, bapak saya diambang dua pilihan peminatan antara epidemiologi dan entomologi, menurut bapak prospek kerja untuk perusahaan swasta maupun negeri lebih bagus epidemiologi atau entomologi.terimakasih

  20. Anonymous berkata:

    Assalamu Alaikum Pak…pak saya mau minta solusinya saya harap bpk bs ngbntu.saat ini saya sedang kuliah di FKM Nauli Husada & minggu ini kami dsrh memilih peminatan saya masing bingung pak peminatan apa yg ingn sy ambil, saya takut nantinya akan memilih peminatan yg sulit mndaptkn lowongan pekerjaan, jdi sy minta saran bpk peminatan apa yg sbaiknya sy ambil agar nantinya sy lbh mudah mndaptkan lowongan pekerjaan. Mhn bantuannya ya Pak. Terimahkash pak sblmnya….Wassalam

Tinggalkan Balasan

