Pemberantasan Vector Demam Berdarah Dengue

Pendahuluan
Serangan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) pertama kali tercatat terjadi di Australia tahun 1897. Kejadian Luar Biasa (KLB) / wabah DBD yang pertama kali terkonfirmasikan terjadi di Filipina tahun 1953. Selama dua puluh tahun silam terjadi peningkatan kasus dan wilayah penyebaran yang luar biasa dan saat ini KLB DBD muncul setiap tahunnya di beberapa negara di Asia Tenggara.

Di Indonesia penyakit DBD telah dikenal sebagai penyakit yang endemis terutama bagi anak-anak. DBD timbul sebagai wabah untuk pertama kalinya di Surabaya pada tahun 1968. Sampai saat ini DBD dilaporkan dari 26 propinsi dan telah meyebar dari daerah perkotaan ke daerah pedesaan dan selama tahun 1974 sampai 1982 dilaporkan sebanyak 3500-7800 kasus dengan “Case Fatality Rate” (CFR) 3,9 %. Penyebab penyakit ini ialah virus Dengue dan ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti sebagai vektor utama, disamping nyamuk Aedes Albopictus.

Virus Dengue termasuk genus flavivirus famili flaviviridae. Terdapat empat serotipe virus DEN-1, DEN-2, DEN-3 dan DEN-4. Semua tipe virus tersebut dapat menyebabkan KLB DBD yang mengakibatkan penyakit dan gejala yang berat dan fatal. Infeksi dari satu serotipe memberikan kekebalan seumur hidup terhadap serotipe yang bersangkutan tapi tidak terhadap serotipe yang lain.

Virus dengue ditularkan dari orang ke orang melalui gigitan nyamuk
Aedes. Aedes Aegypti merupakan vektor epidemi paling utama namun spesies lain seperti Ae. Albopictus, Ae. Polynesiensis anggota dari Ae. scutellaris complex dan Ae. Niveus juga dianggap sebagai vektor sekunder. Meski mereka merupakan host yang sangat baik untuk virus dengue biasanya mereka merupakan vektor epidemi yang kurang efisien dibanding Ae. Aegypti. Virus dengue menginfeksi manusia dan beberapa spesies dari primata rendah. Tubuh manusia merupakan urban reservoir yang utama (4).

selengkapnya …

Pemberantasan DBD

About these ads

Tentang Aria Gusti

Hi, I am =arya= a lecture at School of Public Health, Andalas University, Padang, West Sumatera.
Tulisan ini dipublikasikan di Artikel Kesmas dan tag , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Pemberantasan Vector Demam Berdarah Dengue

  1. artikel yang bagus pak.
    izin copas untuk bahan KTI.
    terima kasih sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s